selamat datang diblog pendidikan,silahkan dibaca dengan senang hati

Tips Memilih Makanan Sehat Saat Berpuasa Ramadhan



Tips Memilih Makanan Sehat Saat Berpuasa Ramadhan


      Tips Memilih Makanan Sehat Saat Berpuasa Ramadhan – Agar selama berpuasa di bulan Ramadhan tubuh tetap sehat dan lancar beraktifitas, penting sekali memperhatikan asupan makanan apa yang akan di konsumsi oleh tubuh. Pada bulan puasa, khususnya di awal awal berpuasa merupakan hari hari yang cukup berat karena tubuh harus menyesuaikan diri. Seringkali di hari hari permulaan puasa, tubuh merasa lemas dan mengalami dehidrasi yang di sebabkan karena makanan yang telah di konsumsi saat sahur.
Agar puasa lancar dan tidak mengalami gangguan seperti dehidrasi dan tubuh tidak merasa lemah, kebutuhan akan nutrisi penting juga harus di perhatikan dan semua itu bisa di dapatkan dari makanan yang di konsumsi selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan.
Berikut ini adalah tips memilih Makanan Sehat saat berpuasa sehingga tubuh tetap sehat selama menjalankan puasa di bulan Ramadhan :
1.Hindari makanan junk food (makanan cepat saji)
Memilih makanan cepat saji memang lebih praktis. Akan tetapi, jenis makanan junk food sangat sedikit sekali kandungan gizi nya. Oleh karena itu, sebaiknya tetap memasak makanan sendiri di rumah selama menjalankan puasa Ramadan.
Tips Memilih Makanan Sehat Saat Berpuasa Ramadhan
2.Memilih makanan arau minuman yang tidak membuat dehidrasi
Masalah yang sering di alami saat berpuasa adalah dehidrasi. Agar tidak mengalami dehidrasi saat sedang berpuasa, cobalah memilih makanan yang akan di konsumsi dengan makanan yang banyak kandungan airnya. Sebaliknya, coba menghindari jenis minuman yang bisa membuat dehidrasi seperti kopi atau minuman bersoda
3.Menghindari jenis makanan-makanan yang digoreng
Makanan yang di proses dengan digoreng dan rasanya terlalu manis atau bahkan yang terlalu pedas sebaiknya juga di hindari selama menjalankan puasa. Jenis makanan ini cukup sulit dicerna oleh tubuh dan bisa jadi pemicu masalah kesehatan yang serius. Untuk gantinya, sebaiknya mengkonsumsi makanan yang di olah dengan cara direbus atau dipanggang.
4.Batasi karbohidrat
Selama berpuasa, cobalah kurangi porsi karbohidrat dan lebih banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat dan protein. Makanan yang kaya akan serat dapat membuat perut kenyang lebih lama dan makanan berserat akan melancarkan pencernaan.
5.Hindari makanan putih
Contoh makanan ini bisa di temukan pada roti, nasi, serta gula. Sebagai pengganti makanan putih yang lebih sehat bisa di dapatkan dari roti gandum, brownrice, atau madu sebagai pemanis alami. Hal ini karena beberapa makanan putih biasanya diproses dengan menggunakan komposisi yang kurang menyehatkan dan biasanya akan mengalami penurunan kadar nutrisi.
Demikian informasi kesehatan  mengenai tips makan sehat selama menjalankan puasa di bulan Ramadan. Mudah mudahan bermanfaat.. 


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 05.00.00

0 komentar:

Posting Komentar

PILIHAN KATEGORI

jangan lupa dilike ya!!

Flash Labels by Way2Blogging

kumpulan artikel pendidikan